Mengapa Pesawat yang Begitu Berat Dapat Terbang Di Udara?

Mengapa pesawat yang begitu berat dapat terbang diudara?




Pesawat dirancang secara khusus agar dapat mengudara. Saat pesawat mengudara, ada empat gaya yang berbeda arah bekerja pada pesawat. Gaya itu adalah gaya berat/gaya ke bawah, gaya angkat/gaya ke atas, gaya dorong/gaya ke depan, dan gaya hambatan/gaya ke belakang.
Pesawat dapat terbang jika gaya angkat lebih besar dari gaya berat dan gaya dorong lebih besar dari gaya hambatan. Gaya dorong berasal dari mesin pesawat yang memberikan kekuatan untuk bergerak maju. Dorongan mesin ini harus lebih kuat dari hambatan akibat gesekan dengan udara.
Gaya angkat pesawat timbul akibat desain sayap yang melengkung. Sayap pesawat didesain khusus agar kecepatan angin diatas badan pesawat lebih cepat daripada kecepatan angin di bawah. Akibat perbedaan kecepatan angin inilah, timbul gaya angkat.

Saat pesawat akan tinggal landas, gaya angkat ini harus lebih besar dari gaya berat. Saat pesawat stabil mengudara pada ketinggian tertentu, gaya angkat ini sama dengan gaya berat. Saat pesawat akan mendarat, gaya angkat sedikit demi sekit harus dikurangi agar pesawat berangsur turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...